Imigrasi Mataram Luncurkan “Siap Dasapora Sirambo”, Aplikasi Pengawasan Orang Asing di Lombok

Imigrasi Mataram Luncurkan “Siap Dasapora Sirambo”, Aplikasi Pengawasan Orang Asing di Lombok

MATARAM – Kanwil Kemenkumham NTB melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram melakukan peluncuran Aplikasi Database Pengawasan Orang Asing “SIAP DASAPORA SIRAMBO” pada Kamis, 9 November 2023 di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Pungki Handoyo menyampaikan bahwa Pengawasan terhadap orang asing di Pulau Lombok harus di optimalkan, mengingat saat ini adalah masa pasca pandemic dimana banyak sekali orang asing yang berwisata ke Indonesia khususnya Lombok. “Untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing, kami mencoba berinovasi untuk memudahkan dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan pengawasan dengan meluncurkan SIAP DASAPORA SIRAMBO” jelas Pungki Handoyo. “Harapan kami, dengan aplikasi SIAP DASAPORA SIRAMBO kita semua, baik petugas imigrasi, masyarakat dan juga instansi lain yang terkait dengan Pengawasan Orang Asing dapat sama – sama aktif untuk mengawasi kegiatan dan keberadaan orang asing di sekitar wilayah kita.” Tutup Pungki Handoyo.

Terkait penggunaan SIAP DASAPORA SIRAMBO dalam melakukan kegiatan Pengawasan orang asing, dijelaskan oleh Kasi Inteldakim, Putu Agus Eka Putra, “Aplikasi SIAP DASAPORA SIRAMBO ini nantinya akan sangat memudahkan kita dalam melakukan monitoring terhadap kegiatan pengawasan yang sedang dilakukan sehingga akan membantu pimpinan ataupun peran serta stakeholder lainnya untuk dapat turut melaporkan keberadaan orang asing di wilayahnya.” Putu Agus Eka Putra juga menjelaskan bahwa saat ini, aplikasi SIAP DASAPORA SIRAMBO sudah dapat diimplementasikan dalam skala internal Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram dan akan dikembangkan dengan fitur – fitur tambahan untuk peran seta dari masyarakat dan pihak eksternal lainnya agar bisa melaporkan keberadaan dan kegiatan orang asing di sekitarnya. “Rencananya pengembangan aplikasi tersebut akan kita luncurkan untuk bisa digunakan pada awal tahun 2024, saat ini sedang kita lakukan uji coba oleh internal Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram dan kedepannya bisa digunakan oleh lebih banyak pihak” jelas Putu Agus Eka Putra.

Inovasi pembuatan Aplikasi SIAP DASAPORA SIRAMBO ini mendapat respon yang baik oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Parlindungan. Dalam kesempatan berbeda, Kakanwil Kemenkumham menyampaikan bahwa “Aplikasi ini juga akan memudahkan proses koordinasi antar instansi dalam melakukan kegiatan pengawasan orang asing. Jadi pekerjaan kita semua dapat menjadi lebih efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi digital sesuai dengan amanat dari Menteri Hukum dan Ham, Prof. Yasonna H. Laoly” pungkas Parlindungan.