1. Permohonan Paspor biasa dapat diajukan oleh warga negara Indonesia baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia.
2. Paspor biasa terdiri atas Paspor biasa elektronik (e-paspor) dan Paspor biasa non elektronik.
3. Paspor biasa diterbitkan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.
4. Permohonan Paspor biasa dapat diajukan secara manual atau elektronik dengan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.
- Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
- Kartu keluarga;
- Akta kelahiran/akta perkawinan atau buku nikah/ijazah/surat baptis; (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang);
- Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui atau penyampaian untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama.
- Pendaftaran melalui aplikasi M Paspor secara Online:
- Unduh aplikasi M Paspor di play store atau app store;
- Daftar akun M Paspor;
- Verifikasi nik ktp;
- Isi kuisioner permohonan papsor;
- Unggah dokumen dan lengkapi data pemohon paspor;
- Pilih kantor imigrasi tujuan permohonan paspor dan tanggal kedatangan;
- Lakukan pembayaran;
- Datang ke kantor imigrasi yang telah dipilih pada tanggal yang sudah di pilih dengan membawa persyaratan;
- Tunjukan kepada petugas bukti pembayaran melalui aplikasi M Paspor;
- Petugas melakukan pemeriksaan berkas permohonan, bila berkas permohonan sudah lengkap maka akan dilanjutkan ke loket wawancara;
- Petugas wawancara akan melakukan wawancara singkat dan mengambil data biometrik pemohon (foto dan sidik jari);
- Petugas akan memproses permohonan paspor pemohon dan dapat diambil dalam waktu 4 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu, dan hari libur) jika:
- Sudah melakukan foto dan wawancara paspor;
- Sudah melengkapi kekurangan berkas persyaratan (jika ada);
- Sudah melakukan pembayaran PNBP biaya paspor ke kas negara;
- Tidak ada kendala kesisteman / perangkat;
- Data sudah lengkap dan tidak memerlukan prosedur pengecekan lapangan;
a. pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan;
b. pembayaran biaya Paspor;
c. pengambilan foto dan sidik jari;
d. wawancara;
e. verifikasi;
f. adjudikasi.
1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000
2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000
3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).
- Permohonan paspor dapat diajukan oleh warga negara Indonesia baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia.
- Paspor terdiri atas paspor elektronik (e-paspor) dan paspor non elektronik.
- Paspor diterbitkan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.
- Permohonan paspor dapat diajukan secara manual atau elektronik dengan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.
- Bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berdomisili atau berada di wilayah Indonesia, permohonan paspor diajukan di kantor imigrasi yang masih berada dalam provinsi yang sama dengan domisili yang bersangkutan.
- Pengajuan permohonan paspor dapat dilakukan secara perorangan maupun kolektif melalui perusahaan pengerah TKI.
-
- Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
- Kartu keluarga;
- Akta kelahiran/akta perkawinan atau buku nikah/ijazah/surat baptis; (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang);
- Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan;
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama;
- Surat rekomendasi permohonan Paspor calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi atau kabupaten/kota
- Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki Paspor biasa.
- Pendaftaran melalui aplikasi M Paspor secara Online:
- Unduh aplikasi M Paspor di play store atau app store;
- Daftar akun M Paspor;
- Verifikasi nik ktp;
- Isi kuisioner permohonan papsor;
- Unggah dokumen dan lengkapi data pemohon paspor;
- Pilih kantor imigrasi tujuan permohonan paspor dan tanggal kedatangan;
- Lakukan pembayaran;
- Datang ke kantor imigrasi yang telah dipilih pada tanggal yang sudah di pilih dengan membawa persyaratan;
- Tunjukan kepada petugas bukti pembayaran melalui aplikasi M Paspor;
- Petugas melakukan pemeriksaan berkas permohonan, bila berkas permohonan sudah lengkap maka akan dilanjutkan ke loket wawancara;
- Petugas wawancara akan melakukan wawancara singkat dan mengambil data biometrik pemohon (foto dan sidik jari);
- Petugas akan memproses permohonan paspor pemohon dan dapat diambil dalam waktu 4 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu, dan hari libur) jika:
- Sudah melakukan foto dan wawancara paspor;
- Sudah melengkapi kekurangan berkas persyaratan (jika ada);
- Sudah melakukan pembayaran PNBP biaya paspor ke kas negara;
- Tidak ada kendala kesisteman / perangkat;
- Data sudah lengkap dan tidak memerlukan prosedur pengecekan lapangan;
1. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan
2. Pembayaran biaya Paspor
3. Pengambilan foto dan sidik jari
4. Wawancara
5. Verifikasi
6. Adjudikasi
1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000
2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000
3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).
(Untuk saat ini layanan percepatan belum tersedia di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram)
- Permohonan Paspor biasa dapat diajukan oleh warga negara Indonesia baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia.
- Paspor biasa terdiri atas Paspor biasa elektronik (e-paspor) dan Paspor biasa non elektronik.
- Paspor biasa diterbitkan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.
- Permohonan Paspor biasa dapat diajukan secara manual atau elektronik dengan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.
- Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
- Kartu keluarga;
- Akta kelahiran/akta perkawinan atau buku nikah/ijazah/surat baptis; (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang);
- Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama;
- Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki Paspor biasa;
- Surat rekomendasi Kepala Kantor Kementrian Agama di Kabupaten/ Kota setempat;
- Rekomendasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji Khusus/Umrah (PPIH/PPIU) dan Biro Travel.
- Pendaftaran melalui aplikasi M Paspor secara Online:
- Unduh aplikasi M Paspor di play store atau app store;
- Daftar akun M Paspor;
- Verifikasi nik ktp;
- Isi kuisioner permohonan papsor;
- Unggah dokumen dan lengkapi data pemohon paspor;
- Pilih kantor imigrasi tujuan permohonan paspor dan tanggal kedatangan;
- Lakukan pembayaran;
- Datang ke kantor imigrasi yang telah dipilih pada tanggal yang sudah di pilih dengan membawa persyaratan;
- Tunjukan kepada petugas bukti pembayaran melalui aplikasi M Paspor;
- Petugas melakukan pemeriksaan berkas permohonan, bila berkas permohonan sudah lengkap maka akan dilanjutkan ke loket wawancara;
- Petugas wawancara akan melakukan wawancara singkat dan mengambil data biometrik pemohon (foto dan sidik jari);
- Petugas akan memproses permohonan paspor pemohon dan dapat diambil dalam waktu 4 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu, dan hari libur) jika:
- Sudah melakukan foto dan wawancara paspor;
- Sudah melengkapi kekurangan berkas persyaratan (jika ada);
- Sudah melakukan pembayaran PNBP biaya paspor ke kas negara;
- Tidak ada kendala kesisteman / perangkat;
- Data sudah lengkap dan tidak memerlukan prosedur pengecekan lapangan;
1. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan
2. Pembayaran biaya Paspor
3. Pengambilan foto dan sidik jari
4. Wawancara
5. Verifikasi
6. Adjudikasi
1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000
2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000
3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).
(Untuk saat ini layanan percepatan belum tersedia di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram)
1. Permohonan Paspor biasa dapat diajukan oleh warga negara Indonesia baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia.
2. Paspor biasa terdiri atas Paspor biasa elektronik (e-paspor) dan Paspor biasa non elektronik.
3. Paspor biasa diterbitkan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.
4. Permohonan Paspor biasa dapat diajukan secara manual atau elektronik dengan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.
1. Kartu tanda penduduk ayah atau ibu yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
2. Kartu keluarga;
3. Akta kelahiran atau surat baptis;
4. Akta perkawinan atau buku nikah orang tua;
5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
6. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki Paspor biasa.
- Pendaftaran melalui aplikasi M Paspor secara Online:
- Unduh aplikasi M Paspor di play store atau app store;
- Daftar akun M Paspor;
- Verifikasi nik ktp;
- Isi kuisioner permohonan papsor;
- Unggah dokumen dan lengkapi data pemohon paspor;
- Pilih kantor imigrasi tujuan permohonan paspor dan tanggal kedatangan;
- Lakukan pembayaran;
- Datang ke kantor imigrasi yang telah dipilih pada tanggal yang sudah di pilih dengan membawa persyaratan;
- Tunjukan kepada petugas bukti pembayaran melalui aplikasi M Paspor;
- Petugas melakukan pemeriksaan berkas permohonan, bila berkas permohonan sudah lengkap maka akan dilanjutkan ke loket wawancara;
- Petugas wawancara akan melakukan wawancara singkat dan mengambil data biometrik pemohon (foto dan sidik jari);
- Petugas akan memproses permohonan paspor pemohon dan dapat diambil dalam waktu 4 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu, dan hari libur) jika:
- Sudah melakukan foto dan wawancara paspor;
- Sudah melengkapi kekurangan berkas persyaratan (jika ada);
- Sudah melakukan pembayaran PNBP biaya paspor ke kas negara;
- Tidak ada kendala kesisteman / perangkat;
- Data sudah lengkap dan tidak memerlukan prosedur pengecekan lapangan;
1. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan
2. Pembayaran biaya Paspor
3. Pengambilan foto dan sidik jari
4. Wawancara
5. Verifikasi
6. Adjudikasi
1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000
2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000
3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).
(Untuk saat ini layanan percepatan belum tersedia di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram)
Status kewarganegaraan ganda terbatas adalah status dwi (dua) kewarganegaraan yang diberikan kepada seorang anak hingga anak tersebut mencapai usia 18 (delapan belas) tahun, yang termasuk ke dalam kriteria tersebut adalah :
1. Pasal 4 UU Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan RI
a. Anak dari perkawinan sah ayah WNI dengan ibu WNA
b. Anak dari perkawinan sah ayah WNA dengan Ibu WNI
c. Anak tidak sah ibu WNA diakui oleh ayah WNI sebagai anaknya pengakuan dilakukan sebelum 18 tahun/belum nikah
d. Anak lahir diluar wilayah Indonesia dari ayah dan ibu WNI dimana Negara tempat lahir memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut
2. Pasal 5 UU Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan RI
a. Anak tidak sah diakui secara sah oleh ayah WNA sebelum 18 tahun dan belum nikah
b. Anak WNI belum berusia 5 tahun diangkat sebagai anak sah oleh WNA berdasarkan ketetapan pengadilan
- Dalam hal status kewarganegaran Indonesia pada pasal 4 huruf C,D, H dan L dan pasal 5 berakibat Kewarganegaraan ganda maka setelah 18 tahun /sudah nikah harus memilih salah satu kewarganegaran.
- Pernyataan tersebut disampaikan paling lambat 3 tahun setelah 18 tahun /nikah.
- Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;
- Kartu keluarga;
- Akta kelahiran/akta perkawinan atau buku nikah/ijazah/surat baptis; (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang);
- Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui atau penyampaian untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan perundangundangan;
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama.
- Pendaftaran melalui aplikasi M Paspor secara Online:
- Unduh aplikasi M Paspor di play store atau app store;
- Daftar akun M Paspor;
- Verifikasi nik ktp;
- Isi kuisioner permohonan papsor;
- Unggah dokumen dan lengkapi data pemohon paspor;
- Pilih kantor imigrasi tujuan permohonan paspor dan tanggal kedatangan;
- Lakukan pembayaran;
- Datang ke kantor imigrasi yang telah dipilih pada tanggal yang sudah di pilih dengan membawa persyaratan;
- Tunjukan kepada petugas bukti pembayaran melalui aplikasi M Paspor;
- Petugas melakukan pemeriksaan berkas permohonan, bila berkas permohonan sudah lengkap maka akan dilanjutkan ke loket wawancara;
- Petugas wawancara akan melakukan wawancara singkat dan mengambil data biometrik pemohon (foto dan sidik jari);
- Petugas akan memproses permohonan paspor pemohon dan dapat diambil dalam waktu 4 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu, dan hari libur) jika:
- Sudah melakukan foto dan wawancara paspor;
- Sudah melengkapi kekurangan berkas persyaratan (jika ada);
- Sudah melakukan pembayaran PNBP biaya paspor ke kas negara;
- Tidak ada kendala kesisteman / perangkat;
- Data sudah lengkap dan tidak memerlukan prosedur pengecekan lapangan;
Penyesuaian di bidang peraturan keimigrasian
1. Bagi anak subyek Ganda terbatas yang lahir sebelum 01 Agustus 2006
a. Belum melakukan pendaftaran tetap harus memiliki izin keimigrasian, penyelesainnya cukup di Kantor imigrasi setempat.
b. Telah melakukan pendaftaran maka orang tua/wali melaporkan :
– Kantor imigrasi setempat melampirkan paspor dan Keputusan menteri tentang perolehan Ganda terbatas
– Pengembalian dokumen imigrasi
– Dapat dilakukan pemberian paspor RI dgn cap yang bersangkutan subyek ganda UU no.12 Th.2006 pasal 4 c,d,h,l dan pasal 5
– Bagi yang memiliki paspor kebangsaan lain dilampirkan affidafit biaya Rp400.000
2. Anak yang lahir setelah 01 Agustus 2006 orang tua/wali melaporkan :
a. Dapat diberikan SPRI walaupun mempunyai paspor asing
b. Dapat diberikan SPRI dengan cap kewarganegaraan ganda terbatas
c. Memiliki paspor lain dilampirkan affidavit biaya Rp400.000
FASILITAS KEIMIGRASIAN YANG DAPAT DIBERIKAN
1. Bagi anak yang hanya memiliki paspor asing dibebaskan dari visa,izin tinggal dan izin masuk kembali
2. Diterakan tanda masuk/bertolak sebagaimana WNI
3. Pemegang dua paspor wajib memilih menggunakan salah satu paspornya
4. Diberikan cap kewarganegaraan terbatas pada AD-CARD
1. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan
2. Pembayaran biaya Paspor
3. Pengambilan foto dan sidik jari
4. Wawancara
5. Verifikasi
6. Adjudikasi
1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000
2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000
3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).
(Untuk saat ini layanan percepatan belum tersedia di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram)