Operasi Gabungan TIMPORA Kabupaten Lombok Tengah

Operasi Gabungan TIMPORA Kabupaten Lombok Tengah

MATARAM – Kanwil Kemenkumham NTB melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menggelar kegiatan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Lombok Tengah di wilayah Kuta, Lombok Tengah pada Kamis, 26 Oktober 2023 di JM Hotel, Kuta-Mandlika.

Kegiatan Operasi Gabungan diikuti oleh 16 orang anggota TIMPORA Kabupaten Lombok Tengah yang terdiri dari berbagai Instansi terkait Pengawasan Orang Asing. Dalam kegiatan tersebut, peserta dibagi menjadi 2 Tim yang kemudian menyebar melakukan kegiatan Operasi Gabungan di beberapa Hotel dan Cafe/Restaurant di sekitaran Kuta Mandalika. Dalam menjalankan kegiatan Operasi Gabungan Timpora Kabupaten Lombok Tengah, Petugas melakukan kegiatan pemeriksaan secara Ramah dan Humanis sehingga tidak mengganggu kenyamanan dari masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, Tim berhasil menemukan seorang WN Belanda yang diduga melakukan pelanggaran keimigrasian karena terindikasi bekerja sebagai Pastry Chef namun menggunakan izin tinggal Visa On Arrival yang seharusnya hanya untuk kegiatan wisata. Petugas kemudian memberikan Surat Tanda Penerimaan Paspor Ybs dan Ybs diminta menghadap ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram pada hari Senin, 30 Oktober 2023 untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Pungki Handoyo memberikan apresiasi setinggi – tingginya kepada seluruh anggota Timpora Kabupaten Lombok Tengah yang berhasil menemukan dugaan pelanggaran Keimigrasian. “Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pengawasan Orang Asing sangat diperlukan di wilayah – wilayah yang menjadi pusat keramaian wisata bagi Orang Asing, walaupun sebagian besar dari Perusahaan / Bisnis yang menggunakan Tenaga Kerja Asing telah melengkapi dokumen administrasi yang dibutuhkan namun masih ada beberapa perusahaan / TKA yang masih belum melengkapi kelengkapan dokumen yang dibutuhkan” Jelas Pungki Handoyo. Dalam kesempatan yang berbeda Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Parlindungan menyampaikan “Inilah pentingnya sinergitas dan kolaborasi antar instansi dalam melaksanakan pengawasan terhadap
orang asing, kedepannya kita harapkan sinergi dan kolaborasi ini menjadi semakin baik dan harmonis sehingga bisa mewujudkan pengawasan orang asing yang semakin optimal lagi.”