Berikan Rasa Aman Dan Nyaman, Imigrasi Hadir Di Tengah Perhelatan MotoGP

Berikan Rasa Aman Dan Nyaman, Imigrasi Hadir Di Tengah Perhelatan MotoGP

Nama Nusa Tenggara Barat semakin dikenal di tingkat dunia. Bagaimana tidak, NTB telah sukses membuktikan dirinya sebagai tuan rumah dalam ajang olahraga otomotif Moto GP setelah sebelumnya Indonesia vakum sebagai tuan rumah sejak 25 tahun yang lalu.

Perhelatan Moto GP Tahun 2022 yang dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada tanggal 18-20 Maret 2022 yang lalu ini terlaksana dengan dukungan yang maksimal dari berbagai stakeholders. Mulai dari Pemerintah Daerah, Kemenparekraf, Kemenbud, TNI, Polri, Bea Cukai dan berbagai instansi lainnya. Tidak lupa, Imigrasi juga ikut terlibat mendukung perhelatan ini demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Hal tersebut diwujudkan dengan pelaksanaan berbagai kegiatan, seperti rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora), operasi gabungan, hingga pembentukan satuan tugas Moto GP.

Rapat Tim Pora telah dilaksanakan beberapa kali sebelum event Moto GP berlangsung, diantaranya pada tanggal 2 Maret 2022 untuk Rapat Tim Pora tingkat Kota Mataram dan 10 Maret 2022 untuk Rapat Tim Pora tingkat Kabupaten Lombok Tengah. Dengan dihadiri berbagai stakeholders baik dari instansi daerah, instansi vertikal, maupun aparat penegak hukum, rapat Tim Pora ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dalam upaya terhadap pengawasan orang asing, khususnya menjelang perhelatan Moto GP Tahun 2022.

Rapat Tim Pora yang telah dilaksanakan kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan operasi gabungan. Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi seperti Pemerintah Daerah, Kepolisian, TNI, BIN, Kejaksaan, dan Imigrasi sendiri. Operasi Gabungan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2022 di wilayah Kuta Kabupaten Lombok Tengah, tempat di mana perhelatan Moto GP akan dilangsungkan. Dalam pelaksanaan operasi gabungan ini, anggota Tim Pora dibagi menjadi beberapa tim kecil yang disebar di sekitar wilayah Kuta. Tim ini kemudian bergerak mendatangi hotel, homestay, villa, restoran, diving center maupun cafe yang ada di wilayah tugasnya masing-masing. Tim juga melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian, izin tinggal, serta perizinan usaha terhadap orang asing yang bertujuan untuk memastikan legalitas keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kuta.

Tidak berhenti sampai di situ, demi memberikan rasa nyaman dan aman pada saat gelaran Moto GP, telah dibentuk Satgas Moto GP yang beranggotakan pejabat dan pegawai terpilih dari Kanwil Kemenkumham NTB, Kanim Mataram, Kanim Sumbawa Besar, dan Kanim Bima. Satgas bergerak cepat dengan membangun Pos Informasi Keimigrasian yang berlokasi di 2 (dua) tempat, yaitu di Pantai Kuta dan di Sirkuit Mandalika. Pos tersebut  berfungsi sebagai tempat pelayanan informasi keimigrasian. Masyarakat dapat berkonsultasi seputar layanan keimigrasian seperti layanan visa dan izin tinggal di pos ini.

Selain memberikan layanan informasi keimigrasian, petugas di masing – masing pos juga melakukan pengawasan orang asing di sekitar area KEK Mandalika dalam bentuk patroli simpatik. Patroli ini rutin dilakukan tiap hari selama gelaran Moto GP dengan tujuan untuk mengantisipasi pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh orang asing. Hasilnya, sepanjang gelaran event Moto GP Mandalika 2022 tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian yang dilakukan orang asing.

Keberadaan pos di Pantai Kuta dan di Sirkuit Mandalika dinilai sangat vital. Hal tersebut karena konsentrasi orang asing di wilayah tersebut cukup banyak khususnya selama gelaran Moto GP, sehingga dirasa perlu untuk memberikan membuka layanan informasi dan melakukan pengawasan orang asing demi memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Keberadaan pos ini juga mendapat apresiasi dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. Dalam kunjungannya pada 19 Maret 2022, Yasonna memberikan apresiasi terhadap keberadaan pos ini sebagai wujud nyata perana Imigrasi dalam mensukseskan gelaran event MotoGP Mandalika 2022.

Pasca berakhirnya gelaran Moto GP 2022, pelayanan dan pengawasan terhadap orang asing di seputaran KEK Mandalika diharapkan tidak berhenti. Saat ini pihak Kanwil Kemenkumham NTB bersama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram tengah mengupayakan lokasi pelayanan keimigrasian yang permanen di wilayah KEK Mandalika. Diharapkan dengan adanya lokasi pelayanan yang permanen ini imigrasi dapat memberikan pelayanan terbaik, serta senantiasa hadir dalam setiap perhelatan internasional di wilayah KEK Mandalika kedepannya.

 

Penulis: Putu Galih Perdana Putra, Aditya Bayu Prabawa

Fotografer: A.A. Oka Dananjaya Surya