Wujudkan Janji Kinerja, Kanim Mataram Berkomitmen Berikan Pelayanan Publik Yang Inklusif

Wujudkan Janji Kinerja, Kanim Mataram Berkomitmen Berikan Pelayanan Publik Yang Inklusif

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram mengikuti kegiatan Deklarasi Janji Kinerja 2022 bertempat di halaman Lapas Mataram pada Senin (17/1/2022). Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala UPT dan pejabat struktural Lapas Mataram, LPP Mataram, Bapas Mataram dan Rupbasan Mataram.

Kegiatan diawali dengan Deklarasi Janji Kinerja yang disampaikan oleh Kepala Lapas Mataram Ketut Akbar Herry Achjar dan diikuti oleh peserta deklarasi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Janji Kinerja oleh Kepala UPT dan pejabat struktural yang hadir, dengan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTB.

Dalam sambutanya, Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTB Adhar Hakim memaparkan perlunya perubahan menuju birokrasi yang lebih baik. Adhar juga mencontohkan bahwa negara maju seperti Inggris pun tidak luput dari pembenahan birokrasi.  “Negara besar seperti Britania Raya saja merombak habis tatanan konsep birokrasinya. Apalagi Indonesia. Ini merupakan proses kerja yang dilakukan bersama serta sesuatu yang menjadi keniscayaan bagi kita semua,” paparnya.

Lebih lanjut, Adhar berharap agar kegiatan Deklarasi Janji Kinerja ini tidak hanya menjadi kegiatan yang bersifat seremonial belaka. “Saya berharap semoga ini bukan seremonial semata tapi sebuah fundamental kinerja yang hakiki dalam membangun sistem kinerja bersama. Ombudsman dengan senang hati terlibat dalam proses ini,” tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB Haris Sukamto dalam sambutannya menekankan agar seluruh satker menguatkan fungsi penegakan hukum yang dimiliki masing-masing. “Tahun 2021 kita sudah menggelorakan pelayanan, tahun 2022 kita tingkatkan sisi penegakkan hukum”, tuturnya

Ditemui terpisah seusai deklarasi, Kepala Seksi Lantaskim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Made Surya Artha menjelaskan bahwa untuk mewujudkan janji kinerja, ia dan timnya siap memberikan pelayanan publik yang inklusif. “Kami berkomitmen memberikan pelayanan publik yang inklusif, dimana setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses layanan kami”, tuturnya.

Untuk dapat menjamin bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses layanan, Made menjelaskan bahwa Kanim Mataram menyediakan layanan berbasis HAM. “Kami memiliki ruang layanan khusus dengan fasilitas penunjang yang lengkap untuk melayani permohonan paspor bagi pemohon berusia lanjut, ibu hamil, dan penyandang disabilitas”, pungkasnya.

Lebih lanjut terkait layanan berbasis HAM, Made juga menjelaskan bahwa Kanim Mataram memiliki layanan emergency service. “Kami dapat memberikan pelayanan emergency service bagi mereka yang sakit keras dan membutuhkan segera layanan paspor atau izin tinggal, petugas kami akan datang dan melayani di tempat”, jelasnya.

Dengan adanya layanan berbasis HAM tersebut, Made berharap seluruh pemohon baik WNI maupun WNA dapat mengakses layanan Kanim Mataram tanpa adanya diskriminasi. “Keterbatasan fisik maupun keterbatasan lainnya tidak semestinya menjadi penghalang bagi masyarakat dalam mengakses layanan kami. Kami akan bekerja keras sesuai janji yang telah kami deklarasikan untuk memberikan pelayanan yang inklusif bagi seluruh masyarakat”, tuturnya.

 

Penulis: Putu Galih Perdana Putra

Fotografer: A. A. Gede Oka Dananjaya Surya

Editor: Aditya Bayu Prabawa