Perkuat Kerjasama, Konjen Australia Sambangi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram

Perkuat Kerjasama, Konjen Australia Sambangi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram

MATARAM – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Kanwil Kemenkumham NTB menerima kunjungan Konsulat Jenderal Australia pada Selasa (23/11). Selain untuk silaturahmi, kunjunganini bertujuan untuk memperkuat kerjasama, khususnya mengenai keberadaan Warga Negara Australia di wilayah kerja Kanim Mataram.

Dalam kunjunganya, Konsul Chris Goldrick menyampaikan keinginan kuat Konjen Australia diBali untuk melayani dan melindungi Warga Negara Australia yang berdomisili di wilayah kerja Kanim Mataram. Konsul Chris Goldrick juga menyampaikan komitmen kuat untuk memberikan bantuan kekonsuleran bila ada Warga Negara Australia yang membutuhkan. Untuk dapat mewujudkan komitmen tersebut, Konsul Chris Goldrick menjalin kerjasama dengan Kanim Mataram dalam hal permintaan data dan informasi seputar keberadaan Warga Negara Australia di wilayah kerja Kanim Mataram.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Onward Victor Manahan Lumban Toruan mengapresiasi niat Konsulat Jenderal Australia di Bali untuk membangun komunikasi dan kerjasama yang baik. Onward menjelaskan bahwa selama ini pihaknya selalu berkoordinasi
dengan kedutaan bila ada Warga Negara Asing yang tersandung masalah keimigrasian. “Kami sejak dulu selalu berkoordinasi dengan kedutaan bila ada orang asing yang bermasalah” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Wisnu Ontoaji menyampaikan sebaran Warga Negara Australia di wilayah kerja Kanim Mataram. “Menurut data yang kami miliki, terdapat 43 pemegang Izin Tinggal Kunjungan, 129 pemegang Izin Tinggal Terbatas, dan 30 pemegang Izin Tinggal Tetap yang tersebar di Pulau Lombok”,jelasnya. Lebih lanjut Wisnu juga menjelaskan bahwa Warga Negara Australia paling banyak berada di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Tengah. “Warga Negara Australia paling banyak berada di Kabupaten Lombok Utara, terutama di 3 Gili, dan juga di Kabupaten Lombok Tengah”, jelasnya

Penulis: Putu Galih Perdana Putra